Popular Posts

Labels

Home » » Uchok Sky Khadafi: Studi Banding DPR ke AS Dianggap Akal-Akalan

Uchok Sky Khadafi: Studi Banding DPR ke AS Dianggap Akal-Akalan

JAKARTA - Direktur Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Uchok Sky Khadafi menyatakan, Amerika Serikat seolah telah menjadi tujuan utama bagi kunjungan kerja anggota DPR. Karenanya, Uchok menganggap rencana DPR melakukan seudi banding Rancangan Undang-undang (RUU) Advokat ke AS hanya akal-akalan saja.
Menurut Uchok, AS dan Eropa memang menjadi tujuan favorit anggota DPR. "Sepertinya orang-orang Senayan merasa bukan anggota DPR kalau belum ke Amerika," ujar Uchok dalam keterangan pers, Sabtu (6/4).
Uchok menjelaskan, keberangkatan Badan Legislatif (Baleg) ke AS karena setiap anggota DPR yang ikut dalam rombongan memang mendapat  uang perjalanan USD 527 per hari. Namun yang lebih menguntungkan anggota DPR yang ikut ke AS, karena menukarkan jatah tiket eksekutif ke kelas ekonomi.
Menurut Uchok, tiket kelas eksekutif untuk pesawat Jakarta-Washington mencapai USD 14.428. Sementara harga tiket kelas ekonomi biaya hanya  USD 3.743. "Jadi, dengan duduk dibangku ekonomi, anggota dewan sudah memperoleh keuntungaan dari kelebihaan ongkos pesawat untuk masuk ke kantong pribadi sebesar USD 10.685. Kalau dikali dengan Rp 9000, maka uang yang masuk kantong pribadi sebesar Rp 96.165.000," tuturnya.
Uchok juga mengkritisi rencana studi banding soal santet ke Eropa untuk RUU KUHP. Menurutnya, justru negara-negara Afrika seperti Kongo dan Zimabwe yang dianggap representatif untuk dijadikan obyek studi banding soal santet.
 "Jadi untuk mencari alat pembuktian santet  bukan dinegara-negara Eropa. Ini negara Eropa adalah tempat yang salah," terang dia.
Karenanya Uchok menyarankan Ketua DPR RI maupun anggota Baleg membatalkan rencana kunker ke AS dan Eropa. Sebab, Uchok curiga kunjungan kerja itu  banyak untuk berwisata ketimbang studi bandingnya.
Namun jika anggota DPR tidak mau menyetujui permintaan lembut FITRA, pihaknya hanya bisa mengucapkan selamat berlibur kepada para anggota DPR.  "Dan jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat  wisata seperti taman bermain di Amerika Serikat atau kebun binatang di Amerika Serikat," tandasnya. 
Uchok Sky Khadafi: Studi Banding DPR ke AS Dianggap Akal-Akalan

Source: http://www.jpnn.com/read/2013/04/06/166185/Studi-Banding-DPR-ke-AS-Dianggap-Akal-Akalan-

0 komentar:

Posting Komentar