Home » » Davy J Tuilan: Carry Pick Up, Andalan Penjualan Suzuki

Davy J Tuilan: Carry Pick Up, Andalan Penjualan Suzuki

carry pick up

JAKARTA – Carry Pick Up merupakan kendaraan andalan niaga Suzuki. Pada 2012, penjualan Carry Pick Up Futura 1.5, Mega Carry, dan Mega Carry Xtra berhasil menguasai market share nasional terhadap kompetitor di kelasnya yakni 61,8 persen.      
Kehandalan kualitas Suzuki Carry Pick Up telah terbukti yakni mesin irit bahan bakar, kuat, tangguh di segala kondisi jalan, biaya perawatan terjangkau.
Davy J Tuilan, 4W Marketing and DND Director PT Suzuki Indomobil Sales menjelaskan, Carry Pick Up juga sudah teruji 36 tahun dengan tingginya tingkat kepercayaan konsumen para pelaku usaha atau wirausahawan terhadap produk ini untuk menunjang usaha mereka. Ini juga sesuai dengan tagline "Apapun Bisnis Anda Carry Selalu Ada".
"Dan dewasa ini, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kian maju. Suzuki turut andil dalam memajukan UMKM di tanah air. Salah satunya dengan menyediakan Carry Pick Up untuk menunjang wirausahawan,"  ujar Davy di OSO Sport Center, Bekasi, Minggu (14/4).      
Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen Carry Pick Up Futura 1.5, Mega Carry dan Mega Carry Xtra, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), distributor tunggal produk Suzuki, menggelar "Kabar (Kumpul Akbar) Wirausahawan Carry Pick Up No. 1", Sabtu (13/4) hingga Minggu (14/4), pada dua tempat berbeda.
Pada Sabtu di Hotel Istana Nelayan, Jatiuwung, Tangerang, Banten dan Minggu di Gedung OSO Sport Center - Dojo KKI, Kompleks Grand Wisata, Bekasi, Jawa Barat. Berbagai program digelar. Seperti kontes Carry Pick Up  yang diperuntukkan bagi para konsumen dengan kendaraan Carry Pick Up tipe apapun dalam kondisi standar, orisinil dan terawat baik.
Selain itu, lanjut Davy. Suzuki memberikan penghargaan "Wirausahawan Award" kepada wirausahawan pengguna Carry Pick Up tipe apapun. Tak hanya itu, dari program penjualan, diberikan hadiah langsung cash back Rp 1 jua untuk pembelian Carry Pick Up tipe apapun.
Disediakan hadiah undian produk elektronik dengan nilai total Rp 50 juta di Tangerang dan Bekasi, serta fasilitas kredit bebas biaya administrasi.     
Program service, Suzuki memberikan voucher oli gratis bagi kendaraan Carry Pick Up tipe apapun. Kemudian, paket service dan sparepart dengan diskon 25 persen bagi Carry Pick Up tipe apapun.      
Free general Carry Pick Up bagi kendaraan Carry Pick Up tipe apapun. Selain itu ada test drive Suzuki Carry Mega Carry Xtra, doorprize dua unit motor Shogun Axelo dan hadiah menarik lainnya. Kemudian, ada pula hiburan musik oleh artis ibukota ; Tiga Macan di Tangerang dan Nita Thalia di Bekasi.
Davy J Tuilan mengatakan, acara yang digelar dua hari ini dapat dianggap sebagai costumer gathering.  Menurutnya, Suzuki tak ingin hanya membuat gathering untuk customer di kendaraan privat saja, melainkan komersial juga diperhatikan.
Sebab, customer kendaraan komersial Suzuki Carry Pick Up dan Mega Carry Pick Up juga merupakan tulang punggung penjualan Suzuki. "Kami berusaha untuk menyentuh customer Suzuki Carry Pick Up dan Mega Carry Pick Up," katanya.
Dia mengatakan, kegiatan seperti ini akan rutin digelar Suzuki di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Yang sekarang ini, Davy menerangkan, merupakan cikal bakal kegiatan yang terus dilakukan untuk menyentuk costumer Suzuki Pick Up.      
Apalagi, kata Davy, Suzuki ingin membentuk Primary Brand Image, agar selalu ada di setiap konsumen. "Kami tanamkan kepada pelanggan bahwa Suzuki Carry Pick Up dan Mega Carry Pick Up adalah nomor satu di Indonesia," papar dia.      
Dijelaskan Davy, saat ini konsep Primary Brand Image tengah disusun. Menurutnya, Primary Brand Image itu seperti visi dan misi yang ingin dideliver Suzuki kepada pasar di Indonesia. Dari Primary Brand Image ini, nanti akan turun ke masing-masing produk image.
Misalnya, ke Suzuki Ertiga, Vitara, SX 4 dan lainnya. "Begitu banyak produk image, nanti harus punya benang merah dengan Suzuki Primari Brand Imge," paparnya.     
Endro Nugroho, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan, market share Pick Up Suzuki di Indonesia sangat tinggi. Bahkan, lanjut Endro, pihaknya cukup kewalahan memenuhi tingginya permintaan konsumen karena keterbatasan produksi.
Bahkan, di setiap daerah yang dikelilinginya, konsumen selalu menanyakan kesediaan stok Pick Up Suzuki yang sangat tinggi permintaannya. "Market share cukup tinggi, sayangnya market share tidak menggambarkan kekuatan riil. Demand yang masuk lebih besar dari kemampuan supply kami," kata Endro, di kesempatan sama.
Dia mengatakan, market share Pick Up itu sudah beberapa tahun dikuasai Suzuki. "Sudah sepuluh tahun lebih kita ini nomor satu di Pick Up," tegasnya.      
Menurutnya, pasar Pick Up Suzuki sangat besar. Tak hanya di Indonesia, Endro menerangkan, Pick Up Suzuki juga diekspor ke 110 negara di dunia. Misalnya, Mega Carry itu digunakan di berbagai negara seperti Arab Saudi, Barbados bahkan di Afghanistan.      
Menurut dia, market share Pick Up Suzuki pada 2012 mencapai 42,84 persen. Sedangkan pada Januari hingga Maret 2013 ini sudah 47,7 persen. Dia mengatakan, kalau ingin meningkatkan market share maka produksi harus lebih ditingkatkan.
"Sekarang kita nunggu teman-teman pabrik memeroduksi lebih banyak lagi," katanya. Dijelaskan Endro, dalam sebulan bisa memeroduksi sekitar enam ribuan untuk dua type Pick Up Suzuki.
"Inginnya lebih, sebab demand yang masuk di atas enam ribu. Hampir di setiap tempat itu inden," ungkapnya. 

Source: http://www.jpnn.com/read/2013/04/14/167349/Carry-Pick-Up,-Andalan-Penjualan-Suzuki-

0 komentar:

Posting Komentar