Home » » Hatta Rajasa: Opsi Naikkan Harga BBM Tidak Prioritas

Hatta Rajasa: Opsi Naikkan Harga BBM Tidak Prioritas

bbm vs blt

JAKARTA - Pembahasan kebijakan subsidi bahan bakar minyak (BBM) saat ini masih terus dibahas. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, opsi menaikkan harga BBM tetap ada, tetapi tidak menjadi prioritas. Karena opsi pengendalian dan pengurangan BBM bersubsidi lebih diutamakan.
"Kita belum putuskan, tapi mana yang memberikan impact (dampak-red) terbaik di antara opsi pengendalian dengan pengurangan. Opsi kenaikan tetap dikaji, tetapi tidak jadi prioritas karena pasangannya dengan BLT dan itu cukup sulit dilakukan," ujar Hatta usai memimpin rapat koordinasi (Rakor) di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (12/4).
Sementara opsi penghematan subsidi dengan menggunakan bahan bakar Premix (premium campur pertamax) tidak akan diajukan. Pasalnya, ini akan menambah beban subsidi, karena Premix masih mendapat sumbangan dari negara.
Menurut Hatta, dengan adanya Premix maka akan membuat konsumen yang sebelumnya menggunakan Pertamax berpotensi pindah. "Kalau pengguna Pertamax pindah kesitu (Premix) gimana. Kan itu (Premix) juga subsidi. Yang tadinya tidak diberi subsidi malah kita menambah subsidi. Itu akan menimbulkan produk baru yang disubsidi," tutur Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Yang penting kata Hatta, pihaknya tengah membahas opsi-opsi terbaik agar tidak membebani masyarakat yang kurang mampu. 

Source: http://www.jpnn.com

0 komentar:

Posting Komentar