Home » » Berita Komnas HAM Didemo Pro Kopassus (Penyelidikan Cebongan)

Berita Komnas HAM Didemo Pro Kopassus (Penyelidikan Cebongan)

eksekutor kopassus

JAKARTA - Sejumlah komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tengah menggelar jumpa pers terkait hasil penyelidikan kasus penyerangan dan penembakan di Lapas klas IIB Cebongan, di kantor Komnas HAM Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, Jumat (12/4). Saat jumpa pers ini tengah berjalan, datang sekitar 50 orang yang tergabung dalam Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan TNI/Polri (GM FKPPI) melakukan unjuk rasa di depan kantor Komnas HAM. 
Mereka memakai seragam motif loreng yang hampir serupa dengan seragam tentara dan memegang spanduk yang mendukung aksi Kopassus untuk memberantas premanisme. Dengan pengeras suara, mereka meminta Komnas HAM menghentikan penyelidikan terkait kasus Cebongan.
"Kami berkumpul di sini meminta Komnas HAM untuk menghentikan investigasi kasus Cebongan," teriak para pendemo tersebut melalui pengeras suara. Para pengunjuk rasa ini menyebut Komnas HAM tidak adil karena ketika anggota TNI tewas di Papua, Komnas HAM tidak lakukan penyelidikan. Mereka menyebut Komnas HAM bersifat subjektif di kasus Cebongan.
Aksi mereka tertahan di depan kantor Komnas HAM, karena gerbang kantor itu ditutup rapat dan dijaga aparat kepolisian. Meski suara para pengunjuk rasa ini cukup terdengar dari ruang jumpa pers, komisioner Komnas HAM tetap memaparkan hasil penyelidikan di hadapan wartawan. Para komisioner ini tidak terganggu sedikitpun dengan aksi itu.
"Kami harapkan apa yang dilakukan Kopassus ini tidak disalahartikan bahwa kami menjatuhkan institusi tertentu. Kami melakukan penyelidikan terkait pelanggaran HAM, tapi kan yang menentukan hukumnya tetap aparat penegak hukum," tutur Komisioner Komnas HAM, Siane Indriani menanggapi adanya unjuk rasa itu.
Dalam hal ini Komnas HAM tetap membuka pintu diskusi untuk para pengunjukrasa. Sekitar belasan pengunjukrasa dipersilakan menyampaikan pendapat mereka pada Komnas HAM di dalam ruang pengaduan.

Source: http://www.jpnn.com/read/2013/04/12/167096/Komnas-HAM-Didemo-Pro-Kopassus-

0 komentar:

Posting Komentar