Popular Posts

Labels

Home » » Berita DPK Subiyanto Balikpapan: Seharusnya Mendikbud Malu dan Mundur

Berita DPK Subiyanto Balikpapan: Seharusnya Mendikbud Malu dan Mundur

pendidikan indonesia
BALIKPAPAN - Ketua Dewan Pendidikan Kota (DPK) Balikpapan, Subiyanto menyesalkan tidak becusnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud) Mohammad Nuh, dalam mempersiapkan pelaksanaan UN. Padahal, UN berlangsung setiap tahun.

"Kalau pelaksanaan UN tidak becus ini terjadi di Jepang, pejabatnya pasti malu dan mengundurkan diri. Seharusnya di kita, Mendikbudnya malu dan mengundurkan diri," tegas Subiyanto seperti diberitakan Balikpapan Pos (JPNN Grup), Senin (15/4).

Dia menyebutkan, diundurnya pelaksanaan UN membuktikan bahwa ritual UN bagi Kementerian Pendidikan Nasional hanya sekadar formalitas, seolah tidak ada dampak dengan waktu pergeseran. Dirinya juga tidak bisa menerima alasan teknis apapun di balik pengunduran ujian yang seharusnya dilaksanakan secara serentak se-Indonesia.
"Apapun alasannya mau masalah terhambat distribusi  soal, permasalahan di percetakan, ini adalah wujud kinerja asal-asalan," protesnya.


Ditanya dampak pengunduran UN, Subiyanto menuturkan, peserta UN pasti mengalami dampak secara psikologis. Oleh karenanya diharapkan pihak sekolah serta masyarakat dapat memberikan motivasi dengan mengajak peserta didik yang akan menghadapi UN untuk mengambil sisi positif dari pengunduran pelaksanaan UN.
"Dampak kedua, digesernya pelaksanaan UN berpotensi pada terjadinya kebocoran soal. Di wilayah Indonesia Barat UN dilaksanakan lebih dulu, jelas bisa terjadi kebocoran ke wilayah Timur yang pesertanya mengikuti UN belakangan," sebutnya.

Kemungkinan terjadinya kebocoran soal itu, lanjut dia, bisa saja dimanfaatkan oleh penyelenggara bimbingan belajar. Walaupun secara teknis sudah diatur perbedaan format pertanyaan pada setiap materi UN bahkan di tiap provinsi pertanyaan tersebut berbeda-beda, namun pilihan jawabannya dipastikan tidak akan jauh berbeda. "Inilah yang harus diantisipasi," pungkas Subiyanto. 

Source: http://www.jpnn.com/read/2013/04/15/167366/DPK-Balikpapan%3A-Seharusnya-Mendikbud-Malu-dan-Mundur-

0 komentar:

Posting Komentar